Dibawah ini akan disajikan contoh rpp penjas kurikulum 2013 yang saya rancang sendiri, masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan dan ditambah terutama cara penilaian. 
  
 
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                                  :
SMAN 1 Delitua 
Mata Pelajaran                     :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                    :
XI /2
Materi Pokok                        :
Menganalisis Konsep Latihan dan Pengukuran Kebugaran Jasmani
Alokasi Waktu                       :
6 x 45 menit (2 Kali
Pertemuan)
A.   
Kompetensi
Inti 
1.    
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, responsive dan pro-aktif serta menunjukkan sikap sebagai
bagian dalam solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai sermin
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    
Memahami,
menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.    
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.    
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
1.1.   
  Menghargai
  tubuh dengan seluruh   perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
  yang tidak ternilai  
1.2.   
  Tumbuhnya
  kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
  kepada Sang Pencipta. 
 | 
  
                1.1.1 Menggunakan
  tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
  yang tidak ternilai dengan menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani 
     
             1.1.2  Memelihara
  dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta dengan
  menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani. 
 | 
 
2.1   
  Berperilaku
  sportif dalam bermain 
2.2   
  Bertanggung
  jawab terhadap  
keselamatan
  dan kemajuan diri sendiri, orang
  lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana
  pembelajaran. 
2.3   
  Menghargai perbedaan
  karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam
  melakukan berbagai aktivitas fisik 
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
  melakukan berbagai aktivitas fisik. 
2.5    Disiplin selama melakukan aktivitas fisik 
 | 
  
2.1.1 Menunjukkan perilaku sportif dalam menganalisis konsep pengukuran
  kebugaran jasmani. 
2.2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap tugas yang
  diberikan dalam menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani 
2.2.2 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana
  dan prasarana pembelajaran mengalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani 
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun selama
  belajar 
menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani 
2.4.1 Menunjukkan perilaku bekerjasama semalam mengalisis konsep
  pengkuran  kebugaran jasmani 
2.5.1  Menunjukkan perilaku
  toleransi selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani 
2.6.1 menunjukkan perilaku disiplin selama menganalisis konsep pengukuran
  kebugaran jasmani.  
 | 
 
3.5     
  Menganalisis konsep
  pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan
  menggunakan isntrumen standar 
 | 
  
              3.5.1 Menganalisis konsep pengukuran kelenturan terkait keterampilan 
              3.5.2
  Menganalisis konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan 
              3.5.3
  Mengalisis konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan 
              3.5.4 Menganalisis hasil pengukuran kebugaran jasmani          menggunakan standar TKJI. 
 | 
 
4.5      Mempraktikkan
  pengukuran derajat komponen kebugaran jasmani terkait        kesehatan dan
  keterampilan            menggunakan instrument standar 
 | 
  
          
       4.5.1  Mempraktikan konsep pengukuran daya tahan tubuh 
                  4.5.2 Mempraktikkan konsep pengukuran kekuatan otot-otot 
               4.5.3 Mempraktikkan konsep pengukuran komposisi tubuh 
               4.5.4 Mempraktikkan konsep pengukuran kelenturan tubuh 
          4.5.5 Mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan 
         4.5.6 Mempraktikkan konsep pengkuran kelincahan terkait keterampilan 
    4.5.7 Mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI 
 | 
 
C.             
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
    3. Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama menganalisis konsep pengukuran
kebugaran jasmani.
4. Menganalisis dan mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan
dengan menunjukkan    nilai sportivitas,
kerjasama, dan disiplin.
   5. Menganalisis dan mempraktikkan konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan
dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.
   6. Menganalisis dan mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan
standar TKJI dengan menunjukkan   nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.



