Barca vs Madrid |
Jejaring sosial merupakan sarana promosi yang paling
efektif di jaman sekarang ini. Hampir semua orang yang bisa mengakses
internet memiliki akun jejaring sosial seperti facebook, twitter, wechat, instagram dan lain-lain. Perkembangan ini juga tak luput dari pantauan dunia olahraga khususnya industri sepakbola.
Tim-tim tenar dari berbagai penjuru dunia
berlomba-lomba untuk mendapatkan fans dari seluruh dunia. Selain untuk
mengakrabkan diri dengan suporternya cara ini juga merupakan alat
promosi gratis dari klub ataupun pemain untuk memperkuat image dan brand
mereka.
Pada awal tahun
2014 saja ada sekitar 1 miliar lebih pengguna facebook didunia, belum lagi
jejaring sosial lainnya. Ini merupakan pasar yang sangat besar dan
menggiurkan, selain untuk mempromosikan diri juga sebagai penarik
sponsor dan hak siar televisi.
Klub-klub sepakbola khususnya di eropa (Spanyol, Inggris, Italia dll) berlomba membuat fanspage resmi untuk meraih keuntungan dan meningkatkan brand mereka, yang bisa menarik datangnya sponsor, hak siar juga pembelian merchandise.
Dibawah
ini akan disajikan klub-klub sepakbola dunia dengan pendukung
terbanyak di media jejaring sosial Facebook sampai dengan 3 maret 2014.
| ||||