Dibawah ini akan disajikan contoh rpp penjas kurikulum 2013 yang saya rancang sendiri, masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan dan ditambah terutama cara penilaian.
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
Pertemuan
Kedua
REKAPITULASI PENILAIAN
related post:
RPP Sepakbola Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMAN 1 Delitua
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI /2
Materi Pokok :
Menganalisis Konsep Latihan dan Pengukuran Kebugaran Jasmani
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit (2 Kali
Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, responsive dan pro-aktif serta menunjukkan sikap sebagai
bagian dalam solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai sermin
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
yang tidak ternilai
1.2.
Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada Sang Pencipta.
|
1.1.1 Menggunakan
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
yang tidak ternilai dengan menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
1.1.2 Memelihara
dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta dengan
menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain
2.2
Bertanggung
jawab terhadap
keselamatan
dan kemajuan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan
karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Disiplin selama melakukan aktivitas fisik
|
2.1.1 Menunjukkan perilaku sportif dalam menganalisis konsep pengukuran
kebugaran jasmani.
2.2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap tugas yang
diberikan dalam menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.2.2 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana
dan prasarana pembelajaran mengalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun selama
belajar
menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.4.1 Menunjukkan perilaku bekerjasama semalam mengalisis konsep
pengkuran kebugaran jasmani
2.5.1 Menunjukkan perilaku
toleransi selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.6.1 menunjukkan perilaku disiplin selama menganalisis konsep pengukuran
kebugaran jasmani.
|
3.5
Menganalisis konsep
pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan
menggunakan isntrumen standar
|
3.5.1 Menganalisis konsep pengukuran kelenturan terkait keterampilan
3.5.2
Menganalisis konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan
3.5.3
Mengalisis konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan
3.5.4 Menganalisis hasil pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI.
|
4.5 Mempraktikkan
pengukuran derajat komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan
keterampilan menggunakan instrument standar
|
4.5.1 Mempraktikan konsep pengukuran daya tahan tubuh
4.5.2 Mempraktikkan konsep pengukuran kekuatan otot-otot
4.5.3 Mempraktikkan konsep pengukuran komposisi tubuh
4.5.4 Mempraktikkan konsep pengukuran kelenturan tubuh
4.5.5 Mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan
4.5.6 Mempraktikkan konsep pengkuran kelincahan terkait keterampilan
4.5.7 Mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
3. Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama menganalisis konsep pengukuran
kebugaran jasmani.
4. Menganalisis dan mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan
dengan menunjukkan nilai sportivitas,
kerjasama, dan disiplin.
5. Menganalisis dan mempraktikkan konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan
dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.
6. Menganalisis dan mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan
standar TKJI dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.Menunjukkan
perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana
pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
3.Menunjukkan
perilaku santun dan toleransi selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran
jasmani.
4. Menganalisis dan mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan
standar TKJI SMA (lari cepat 50 meter, baring duduk, push
up, angkat tubuh, loncat tegak, lari jauh/1000 m pi dan 1200 m pa dengan benar
(mengadopsi TKJI) dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin
D.
Materi Pembelajaran :
1.
Pertemuan kesatu
a.
Latihan meningkatkan kecepatan
1) Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter.
a) Berdiri di belakang garis start dengan sikap badan tegak dan kedua kaki
dibuka.
b) Kedua tangan di samping badan dengan sikap berlari.
c) Lari di tempat, makin lama makin cepat sambil mengangkat paha
tinggitinggi.
d) Setelah ada aba-aba peluit, lari secepat-cepatnya menempuh jarak.
e) Perhatikan gambar
2) Lari dengan mengubah-ubah kecepatan (mulai lambat makin lama makin
cepat).
b.
Tes pengukuran kecepatan (Lari 60 meter)
c.
Latihan meningkatkan kelincahan
1) Lari bolak-balik (shuttle run)
a) Lari bolak-balik dilakukan secepat mungkin sebanyak 6-8 kali (jarak 4-5
meter).
b) Setiap kali sampai pada suatu titik finish, harus secepatnya kembali ke titik start.
c) Perlu diperhatikan bahwa jarak antara kedua titik tidak boleh terlalu jauh, dan jumlah ulangan tidak terlampau banyak,
sehingga menyebabkan kelelahan.
d) Dalam latihan ini yang diperhatikan ialah kemampuan mengubah arah dengan cepat pada waktu bergerak.
e) Perhatikan gambar gambar
d.
Tes pengukuran kelincahan (Lari bolak-balik)
2.
Pertemuan kedua
a.
Tes lari
cepat 60 meter
b.
Tes push
Up
c.
Tes angkat
tubuh ( 30 detik pi, 60 detik pa)
d.
Tes baring
duduk 60 detik
e.
Tes loncat
tegak
f. Tes lari jauh
( 1000 m pi, 1200 m pa )
E.
Metode Pembelajaran :
1.
Pendekatan
: Scientific
2.
Metode : Discovery
Learning
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran :
1.
Media
Pembelajaran :
a.
Audio/video
visual latihan aktivitas kebugaran jasmani
b.
Rekaman/cuplikan
pelaksanaan aktifitas kebugaran jasmani
c.
Poster/gambar
pelaksanaan aktifitas kebugaran jasmani
2.
Alat Pembelajaran
:
a.
Alat pengukur jarak (meteran)
b.
Cone (corong)
atau sejenisnya
c.
Peluit
d.
Stopwach
e.
Formulir
tes
3.
Sumber
Belajar :
a. Syarifuddin
dan Sudrajat Wiradihardja, (2014), Buku
Pegangan Guru SMA Kelas X hal 111 – 130; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan,
Jakarta: Kemdikbud RI.
b. Syarifuddin
dan Sudrajat Wiradihardja, (2014), Buku
Pegangan Guru SMA Kelas X hal 93 – 107; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI.
c.
……..
(2000) Tes Kebugaran jasmani Indonesia.
Jakarta: Depdiknas, RI
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
1. Pendahuluan
(20 Menit)
a.
Berbaris dan berdoa dipimpin oleh
salah satu peserta didik.
b. Guru mempertanyakan keadaan dan
kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan
tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir
lapangan permainan.
c.
Guru membagi
peserta didik ke dalam 4 kelompok,
d. Guru meminta
salah seorang peserta didik dari tiap kelompoknya untuk memimpin melakukan
pemanasan. Pemanasan yang dilakukan didasarkan pengetahuan pemimpin pemanasan
dan guru memberikan rambu-rambu antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan
pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui
permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan,
jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki
pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru
mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan
aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih
berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
e. Guru
mempertanyakan “Bagaimana kebugaran tubuh siswa selama ini, pernah sakit atau
tidak?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
f. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : mempraktekkan cara
melakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan dengan
komponen kecepatan dan cara pengukurannya. Mempraktekkan cara melakukan latihan kegugaran jasmani
yang berkaitan dengan keterampilan dengan komponen kelincahan
dan cara pengukurannya.
g. Guru
menyampaikan pengorganisasian kelas yaitu kegiatan pembelajaran aktif dilakukan
dalam bentuk tugas individu dan kelompok.
2. Kegiatan Inti
(85 Menit)
a. Mengamati
1) Peserta didik
mengamati tayangan video dan poster/gambar bagaimana cara-cara melakukan latihan kebugaran jasmani terkait keterampilan yaitu :
a. Latihan kecepatan
b.
Latihan kelincahan
c. Tes/ cara pengukuran kecepatan
d. Tes/ cara pengukuran kelincahan
2) Peserta didik mengamati Guru dan temannya
yang secara sukarela memperagakan latihan kebugaran jasmani terkait
keterampilan (Kecepatan dan kelincahan).
b. Menanya
1)
Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kecepatan, yang
dimediasi oleh guru?
2)
Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kelincahan, yang
dimediasi oleh guru?
3) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan tes/ pengukuran kecepatan yang
dimediasi oleh guru?
4) Peserta didik
saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan tes/ pengukuran kelincahan yang
dimediasi oleh guru?
c. Menggali informasi
1) Peserta didik
mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman,
dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman,
dan disiplin yang dilakukan di
tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling
mengoreksi kesalahan temannya. Kegiatan dilakukan melalui bentuk latihan
sirkuit.
2) Peserta didik
mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman,
dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak ke kiri, ke kanan, ke depan,
dan kebelakang. Selama praktik tugas peserta didik
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3) Peserta didik mempraktikkan secara
berpasangan atau berkelompok dalam formasi segitiga atau berbanjar mencari
jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
tanggung jawab, menghargai teman. Selama praktik tugas peserta didik
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
d. Mengasosiasi
1. Peserta didik
mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok dengan sistem sirkuit 4 pos yaitu: kecepatan, tes/ cara mengukur kecepatan (lari 60 m),
kelincahan dan tes/pengukuran kelincahan (lari bolak-balik). Pada tahap ini setiap kelompok mendiskusikan teknik
gerak dari masing-masing kelompok dengan bimbingan guru dan mencoba teknik
gerakannya, Setiap kelompok bebas menentukan urutan pos yang didiskusikan oleh
kelompok masing-masing.
2. Peserta didik mengambil bagian dalam tes/
pengukuran kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) dengan bergantian sebagai
peserta, pencatat hasil, waktu ataupun petugas lainnya.
3.
Dilakukan selama 3 set
e. Mengkomunikasikan
1) Peserta didik
menerapkan keterampilan latihan kecepatan dan latihan kelincahan dikelompoknya dengan menunjukkan nilai kerja sama,
tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati
peserta didik selama latihan dan dilakukan secara bergantian tiap kelompok.
2) Peserta didik melaksanakan pengukuran Tes kebugaran
jasmani Indonesia (TKJI) dengan bergantian sebagai peserta, pencatat hasil,
waktu ataupun petugas lainnya.
3) Peserta didik
berdiskusi tentang rancangan kegiatan sirkuit dan kebenaran gerak secara
bergantian dan Guru mengamati jalannya latihan.
3. Kegiatan
Penutup (15 Menit)
a. Guru
menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan
kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
b. Guru
menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama
melakukan latihan latihan kecepatan dan
kelincahan.
c. Salah satu
peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru
mempertanyakan apa manfaatnya.
d. Guru
menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang macam-macam
latihan kekuatan otot dan macam-macam latihan daya tahan otot. Hasilnya
ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
A. Penilaian
Pembelajaran
1.
Jenis dan Teknik Penilaian
a.
Jenis Penilaian
1)
Tes
2)
Non Tes
b.
Teknik Penilaian
1)
Observasi perilaku
2)
Tes tertulis
3)
Tes kinerja (proses dan hasil)
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
a.
Bentuk Instrumen Penilaian
1)
Lembar
observasi/pengamatan (tes sikap)
2)
Butir-butir soal uraian
(pengetahuan)
3)
Penilaian proses (rubric)
4)
Penilaian hasil (adopsi TKJI)
b. Instrumen Penilaian
1)
Penilaian Sikap
a)
Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan aktivitas kebugaran jasmani. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin dan toleransi.
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3. (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).
b)
Rubrik
Penilaian Perilaku
Perilaku Yang Dinilai
|
CEK (√ )
|
Perolehan Nilai
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||||
1.
Kerja sama
|
||||||
2.
Tanggung jawab
|
||||||
3.
Menghargai teman
|
||||||
4.
Disiplin/toleransi
|
||||||
Jumlah skor maksimal = 12
|
2)
Penilaian Pengetahuan
a) Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan
tepat!
b) Butir Soal Pengetahuan
1.
Deskripsikan
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan!
2.
Jelaskan cara pengukuran kecepatan!
3.
Jelaskan bentuk-bentuk latihan kelincahan!
4.
Jelaskan tata cara pengukuran kelincahan
dengan metode lari bolak-balik!
5.
Jelaskan tata cara pengukuran Tes Kebugaran
Jasmani Indonesia (TKJI) SMA!
c)
Kriteria
Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
1)
Jumlah
jawaban benar dari tiap butir soal di kalikan dua
2)
Skor terendah
0 dan skor tertinggi 10.
3)
Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian proses gerak
1. Petunjuk
Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian
proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu
proses gerak teknik dasar
2. Butir Soal
Keterampilan (Unjuk Kerja)
Lakukan Latihan kecepatan (lari 60 meter) dan Latihan kelincahan (lari bolak-balik),..........!
Lakukan Tes Kebugaran Jasmani Indonsia usia
16-19 tahun (TKJI SMA)
Penilaian
Keterampilan Gerak
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||
Penilaian
Proses
|
Penilain produk
|
||||||||||||
Sikap awal melakukan gerakan
(Skor 3)
|
Proses melakukan gerakan(Skor 4)
|
Sikap akhir gerakan
(Skor
3)
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
||||
Jumlah
Skor Maksimal = 10
|
|||||||||||||
3.
Kriteria
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor : Proses
1)
Sikap awal (Start)
Nilai 3 jika :
a)
Siswa bersiap dibelakang papan tolakan
b)
Saat aba-aba bersedia siswa berada di papan
tolakan dan melakukan start jongkok
c)
Siswa langsung melesat setelah mendengar aba2
“yak”...!!
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
2)
Pelaksanaan gerak
Nilai 3 jika :
a)
Badan dan kepala condong kedepan.
b)
Kedua tangan bergerak dengan bebas di samping badan
c)
Langkah kaki (kecepatan) tidak melambat
d)
Saat memasuki daerah finish badan tetap
condong kedepan
Nilai 3: jika tiga kriteria dilakukan secara
benar
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
3)
Pelaksanaan
akhir (Finish)
Nilai 3 jika :
a)
Saat masuk garis finish tidak melompat
b)
Saat menyentuh garis finis badan condong
kedepan
c)
Setelah masuk garis finis tidak langsung
berhenti
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
b. Penilaian hasil
Adopsi dari Tes Kebugaran Jasmani Indonesia:
1. Item Kecepatan
(Lari 60 meter)
Tujuan : Tujuan dari tes ini
adalah mengetahui kecepatan berlari seseorang.
Alat : Lintasan lari minimal 70 meter, stopwatch.
Petugas : pemandu tes sekaligus timer dan pencatat
hasil
Pelaksanaan :
·
Siswa bersiap untuk melaksanakan tes lari.
·
Siswa (peserta) melakukan start jonggkok
sambil mendengar aba-aba
·
Siswa langsung berlari saat mendengar aba-aba
ya..!!!
·
Siswa berlari sampai melewati finish.
·
Catat jumlah waktu yang ditempuh oleh siswa.
Penilaian:
Skor test adalah berapa lama waktu yang ditempuh siswa.
Norma untuk atlet umur 16-19 tahun
Jenis
kelamin
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Sedang
|
kurang
|
Pria
|
s/d 7,2”
|
7,3”- 8,3”
|
8,4”-9,6”
|
9,7”-11,0”
|
11,1” dst
|
Perempuan
|
Sd 8,4”
|
8,5”-9,8”
|
9,9”-11,4”
|
11,5”-13,4”
|
13,5” dst
|
Kategori Nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek-Aspek Penilaian
|
keterangan
|
||||||||||||||
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||||||||||||||
KS
|
TJ
|
MT
|
DS
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
AW
|
PL
|
A
K
|
P
R
|
∑
|
|||
1.
|
Abdi
|
4
|
|||||||||||||||
2.
|
Budi
|
3
|
|||||||||||||||
3.
|
Cantika
|
4
|
|||||||||||||||
4.
|
Dharma
|
2
|
|||||||||||||||
5.
|
Elisa
|
1
|
|||||||||||||||
6.
|
Frengky
|
||||||||||||||||
7.
|
Galang
|
||||||||||||||||
8.
|
Herry
|
||||||||||||||||
9.
|
Irwan
|
||||||||||||||||
10.
|
Jandri
|
||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
KS ; Kerjasama AW : Awalan
MT ; Menghargai teman AK : Akhir
DS ; Disiplin PR : Produk
Memeriksa
dan Menyetujui
Diklat 2013 SMAN Pakam
|
L.Pakam, 16 juni 2014
|
Kelompok 3 Guru mapel
RPP Sepakbola Kurikulum 2013