Senin, 23 Juni 2014

Contoh RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kurikulum 2013

Dibawah ini akan disajikan contoh rpp penjas kurikulum 2013 yang saya rancang sendiri, masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan dan ditambah terutama cara penilaian.
 

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                  : SMAN 1 Delitua
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : XI /2
Materi Pokok                        : Menganalisis Konsep Latihan dan Pengukuran Kebugaran Jasmani
Alokasi Waktu                       : 6 x 45 menit (2 Kali Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, responsive dan pro-aktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dalam solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai sermin bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.    Menghargai tubuh dengan seluruh   perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
1.2.    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.
                1.1.1 Menggunakan tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai dengan menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
                   1.1.2 Memelihara dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta dengan menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain

2.2    Bertanggung jawab terhadap
keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Disiplin selama melakukan aktivitas fisik
2.1.1 Menunjukkan perilaku sportif dalam menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
2.2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dalam menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.2.2 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran mengalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun selama belajar
menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.4.1 Menunjukkan perilaku bekerjasama semalam mengalisis konsep pengkuran  kebugaran jasmani
2.5.1  Menunjukkan perilaku toleransi selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani
2.6.1 menunjukkan perilaku disiplin selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.

3.5      Menganalisis konsep pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan menggunakan isntrumen standar
              3.5.1 Menganalisis konsep pengukuran kelenturan terkait keterampilan
              3.5.2 Menganalisis konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan
              3.5.3 Mengalisis konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan
              3.5.4 Menganalisis hasil pengukuran kebugaran jasmani          menggunakan standar TKJI.
4.5      Mempraktikkan pengukuran derajat komponen kebugaran jasmani terkait        kesehatan dan keterampilan            menggunakan instrument standar
                  4.5.1 Mempraktikan konsep pengukuran daya tahan tubuh
                  4.5.2 Mempraktikkan konsep pengukuran kekuatan otot-otot
               4.5.3 Mempraktikkan konsep pengukuran komposisi tubuh
               4.5.4 Mempraktikkan konsep pengukuran kelenturan tubuh
          4.5.5 Mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan
         4.5.6 Mempraktikkan konsep pengkuran kelincahan terkait keterampilan
    4.5.7 Mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI


C.              Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
 Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
    3. Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
4. Menganalisis dan mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan dengan menunjukkan    nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.
   5. Menganalisis dan mempraktikkan konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.
   6. Menganalisis dan mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI dengan menunjukkan   nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
               3.Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama menganalisis konsep pengukuran kebugaran jasmani.
4. Menganalisis dan mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI SMA (lari cepat 50 meter, baring duduk, push up, angkat tubuh, loncat tegak, lari jauh/1000 m pi dan 1200 m pa dengan benar (mengadopsi TKJI) dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin  

D.        Materi Pembelajaran :
1.         Pertemuan kesatu
a.    Latihan meningkatkan kecepatan

1) Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter.
a) Berdiri di belakang garis start dengan sikap badan tegak dan kedua kaki
dibuka.
b) Kedua tangan di samping badan dengan sikap berlari.
c) Lari di tempat, makin lama makin cepat sambil mengangkat paha tinggitinggi.
d) Setelah ada aba-aba peluit, lari secepat-cepatnya menempuh jarak.
e) Perhatikan gambar

2) Lari dengan mengubah-ubah kecepatan (mulai lambat makin lama makin
cepat).


b.        Tes pengukuran kecepatan (Lari 60 meter)

c.         Latihan meningkatkan kelincahan
       1) Lari bolak-balik (shuttle run)
        a) Lari bolak-balik dilakukan secepat mungkin sebanyak 6-8 kali (jarak 4-5 meter).
        b) Setiap kali sampai pada suatu titik finish, harus secepatnya kembali ke titik start.
        c) Perlu diperhatikan bahwa jarak antara kedua titik tidak boleh terlalu jauh, dan jumlah ulangan tidak terlampau banyak,     
            sehingga menyebabkan kelelahan.
       d) Dalam latihan ini yang diperhatikan ialah kemampuan mengubah arah dengan cepat pada waktu bergerak.
       e) Perhatikan gambar gambar

d.        Tes pengukuran kelincahan (Lari bolak-balik)

2.              Pertemuan kedua

a.          Tes lari cepat 60 meter
b.         Tes push Up
c.          Tes angkat tubuh ( 30 detik pi, 60 detik pa)
d.         Tes baring duduk 60 detik
e.         Tes loncat tegak
f.           Tes lari jauh ( 1000 m pi, 1200 m pa )
E.         Metode Pembelajaran :
1.         Pendekatan     : Scientific
2.         Metode            : Discovery Learning

F.         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran :
1.         Media Pembelajaran :
a.          Audio/video visual latihan aktivitas kebugaran jasmani
b.         Rekaman/cuplikan pelaksanaan aktifitas kebugaran jasmani
c.          Poster/gambar pelaksanaan aktifitas kebugaran jasmani

2.         Alat Pembelajaran :
a.     Alat pengukur jarak (meteran)
b.     Cone (corong) atau sejenisnya
c.     Peluit
d.     Stopwach
e.     Formulir tes


3.     Sumber Belajar :
a.   Syarifuddin dan Sudrajat Wiradihardja, (2014), Buku Pegangan Guru SMA Kelas X hal 111 – 130; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI.
b.   Syarifuddin dan Sudrajat Wiradihardja, (2014), Buku Pegangan Guru SMA Kelas X hal 93 – 107; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI.
c.     …….. (2000) Tes Kebugaran jasmani Indonesia. Jakarta: Depdiknas, RI




G.             Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Kesatu
1.    Pendahuluan (20 Menit)
a.    Berbaris dan berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik.
b. Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan permainan.
c.     Guru membagi peserta didik ke dalam 4 kelompok,
d.  Guru meminta salah seorang peserta didik dari tiap kelompoknya untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan didasarkan pengetahuan pemimpin pemanasan dan guru memberikan rambu-rambu antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
e.   Guru mempertanyakan “Bagaimana kebugaran tubuh siswa selama ini, pernah sakit atau tidak?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
f.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : mempraktekkan cara melakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan dengan komponen kecepatan dan cara pengukurannya. Mempraktekkan cara melakukan latihan kegugaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan dengan komponen kelincahan dan cara pengukurannya.
g.  Guru menyampaikan pengorganisasian kelas yaitu kegiatan pembelajaran aktif dilakukan dalam bentuk tugas individu dan kelompok.

2.    Kegiatan Inti (85 Menit)
a.     Mengamati
1)  Peserta didik mengamati tayangan video dan poster/gambar bagaimana cara-cara melakukan latihan kebugaran jasmani terkait keterampilan yaitu :
a.    Latihan kecepatan
b.    Latihan kelincahan
c.     Tes/ cara pengukuran kecepatan
d.    Tes/ cara pengukuran kelincahan

2)  Peserta didik mengamati Guru dan temannya yang secara sukarela memperagakan latihan kebugaran jasmani terkait keterampilan (Kecepatan dan kelincahan).
b.    Menanya
1)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kecepatan, yang dimediasi oleh guru?
2)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kelincahan, yang dimediasi oleh guru?
3)   Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan tes/ pengukuran kecepatan yang dimediasi oleh guru?
4)   Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan tes/ pengukuran kelincahan yang dimediasi oleh guru?

c.     Menggali informasi
1)   Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan  disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya. Kegiatan dilakukan melalui bentuk latihan sirkuit.
2)   Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak ke kiri, ke kanan, ke depan, dan kebelakang. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)  Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok dalam formasi segitiga atau berbanjar mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.

d.    Mengasosiasi
1.   Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok dengan sistem sirkuit 4 pos yaitu: kecepatan, tes/ cara mengukur kecepatan (lari 60 m), kelincahan dan tes/pengukuran kelincahan (lari bolak-balik). Pada tahap ini setiap kelompok mendiskusikan teknik gerak dari masing-masing kelompok dengan bimbingan guru dan mencoba teknik gerakannya, Setiap kelompok bebas menentukan urutan pos yang didiskusikan oleh kelompok masing-masing.
2.     Peserta didik mengambil bagian dalam tes/ pengukuran kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) dengan bergantian sebagai peserta, pencatat hasil, waktu ataupun petugas lainnya.


3.       Dilakukan selama 3 set

e.    Mengkomunikasikan
1) Peserta didik menerapkan keterampilan latihan kecepatan dan latihan kelincahan dikelompoknya dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama latihan dan dilakukan secara bergantian tiap kelompok.
2) Peserta didik melaksanakan pengukuran Tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) dengan bergantian sebagai peserta, pencatat hasil, waktu ataupun petugas lainnya.
3) Peserta didik berdiskusi tentang rancangan kegiatan sirkuit dan kebenaran gerak secara bergantian dan Guru mengamati jalannya latihan.

3.    Kegiatan Penutup (15 Menit)
a.  Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
b.  Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan latihan latihan kecepatan dan kelincahan.
c.   Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
d.  Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang macam-macam latihan kekuatan otot dan macam-macam latihan daya tahan otot. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.


A.    Penilaian Pembelajaran
1.    Jenis dan Teknik Penilaian
a.     Jenis Penilaian
1)    Tes
2)    Non Tes

b.     Teknik Penilaian
1)    Observasi perilaku
2)    Tes tertulis
3)    Tes kinerja (proses dan hasil)

2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
a.     Bentuk Instrumen Penilaian
1)   Lembar observasi/pengamatan (tes sikap)
2)   Butir-butir soal uraian (pengetahuan)
3)   Penilaian proses (rubric)
4)   Penilaian hasil (adopsi TKJI)

b.    Instrumen Penilaian
1)    Penilaian Sikap
a)     Petunjuk Penilaian

Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan aktivitas kebugaran jasmani. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin dan toleransi.


Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3. (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).


b)    Rubrik Penilaian Perilaku

Perilaku Yang Dinilai
CEK  (√ )
Perolehan Nilai
Nilai Akhir
Keterangan
Baik
Sedang
Kurang
1.         Kerja sama






2.         Tanggung jawab



3.         Menghargai teman



4.         Disiplin/toleransi



Jumlah skor maksimal = 12


2)    Penilaian Pengetahuan
a)     Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!

b)    Butir Soal Pengetahuan
1.       Deskripsikan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan!
2.       Jelaskan cara pengukuran kecepatan!
3.       Jelaskan bentuk-bentuk latihan kelincahan!
4.       Jelaskan tata cara pengukuran kelincahan dengan metode lari bolak-balik!
5.       Jelaskan tata cara pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) SMA!

c)     Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
1)    Jumlah jawaban benar dari tiap butir soal di kalikan dua
2)    Skor terendah 0 dan skor tertinggi 10.


3)    Penilaian Keterampilan
a.   Penilaian proses gerak
1.    Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak teknik dasar

2.    Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
Lakukan Latihan kecepatan (lari 60 meter) dan Latihan kelincahan  (lari bolak-balik),..........!
Lakukan Tes Kebugaran Jasmani Indonsia usia 16-19 tahun (TKJI SMA)


Penilaian Keterampilan Gerak
Nilai Akhir
Keterangan
Penilaian Proses
Penilain produk
Sikap awal melakukan gerakan
 (Skor 3)

Proses melakukan gerakan(Skor 4)
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3














Jumlah Skor Maksimal = 10


















3.     Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor : Proses
1)    Sikap awal (Start)
Nilai 3 jika :
a)     Siswa bersiap dibelakang papan tolakan
b)    Saat aba-aba bersedia siswa berada di papan tolakan dan melakukan start jongkok
c)     Siswa langsung melesat setelah mendengar aba2 “yak”...!!
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
2)    Pelaksanaan gerak
Nilai 3 jika :
a)     Badan dan kepala condong kedepan.
b)    Kedua tangan bergerak dengan bebas di samping badan
c)     Langkah kaki (kecepatan) tidak melambat
d)    Saat memasuki daerah finish badan tetap condong kedepan
Nilai 3: jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
3)    Pelaksanaan akhir (Finish)
Nilai 3 jika :
a)     Saat masuk garis finish tidak melompat
b)    Saat menyentuh garis finis badan condong kedepan
c)     Setelah masuk garis finis tidak langsung berhenti
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar

b. Penilaian hasil
Adopsi dari Tes Kebugaran Jasmani Indonesia:

1.       Item Kecepatan (Lari 60 meter)
Tujuan          : Tujuan dari tes ini adalah mengetahui kecepatan berlari seseorang.
                         Alat                : Lintasan lari minimal 70 meter,  stopwatch.
Petugas         :  pemandu tes sekaligus timer dan pencatat hasil

Pelaksanaan :
·         Siswa bersiap untuk melaksanakan tes lari.
·         Siswa (peserta) melakukan start jonggkok sambil mendengar aba-aba
·         Siswa langsung berlari saat mendengar aba-aba ya..!!!
·         Siswa berlari sampai melewati finish.
·         Catat jumlah waktu yang ditempuh oleh siswa.


Penilaian:
Skor test adalah berapa lama waktu yang ditempuh siswa. Norma untuk atlet umur 16-19 tahun
Jenis kelamin
Baik sekali
Baik
Cukup
Sedang
kurang
Pria
s/d 7,2”
7,3”- 8,3”
8,4”-9,6”
9,7”-11,0”
11,1” dst
Perempuan
Sd 8,4”
8,5”-9,8”
9,9”-11,4”
11,5”-13,4”
13,5” dst
Kategori Nilai
5
4
3
2
1



REKAPITULASI PENILAIAN


No.
Nama Peserta Didik
Aspek-Aspek Penilaian
keterangan
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
KS
TJ
MT
DS
1
2
3
4
AW
PL
A
K
P
R

1.
Abdi
4















2.
Budi
3















3.
Cantika
4















4.
Dharma
2















5.
Elisa
1















6.
Frengky
















7.
Galang
















8.
Herry
















9.
Irwan
















10.
Jandri
















Dst

















Keterangan:
KS        ; Kerjasama                               AW         : Awalan                
TJ         ; Tanggung jawab                     PL            : Pelaksanaan
MT      ; Menghargai teman                AK           : Akhir
DS       ; Disiplin                                     PR           : Produk


                             Memeriksa dan Menyetujui
Diklat 2013 SMAN  Pakam
                        L.Pakam, 16 juni 2014
                        


                                  Kelompok 3                                                                                     Guru mapel


related post:
RPP Sepakbola Kurikulum 2013
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give your comment here....