Kamis, 30 Mei 2013

Gaya Permainan Sepakbola Dunia

Hercampus.com
Sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia, hal ini dapat dilihat dari jumlah anggota FIFA badan sepakbola dunia yang melebihi anggota PBB. Indikasi lainnya dapat dilihat dari rating penyiaran pertandingan sepakbola. Turnamen-turnamen seperti World Cup, Liga Champion Eropa, Piala Eropa adalah tontonan wajib bagi bermiliar penduduk dunia.

Sebagai olahraga yang sangat populer, sepakbola tentu saja dimainkan diseluruh dunia, mulai dari negara maju di eropa sampai dengan negara rawan perang di timur tengah. Mulai dari Stadion yang megah seperti Wembley Stadium sampai lapangan pasir jalanan di Afrika. Sepakbola menjadi suatu kebiasaan, budaya dan hiburan bagi banyak orang di berbagai  negara.

Diberbagai negara unsur-unsur kebudayaan telah menyatu padu dengan permainan sepakbola. Keindahan budaya kerap kali mempengaruhi cara bermain sepakbola mereka. Sehingga muncullah sistem permainan sepak bola yang mencerminkan budaya atau kebiasaan negara tersebut.

Beberapa gaya sepakbola yang cukup terkenal didunia diantaranya  jogo bonito (Brazil), Catenaccio (Italia), Total Football (Belanda), Tiki-taka (Spanyol), Kick n rush (Inggris) atau speed n power.

A). Jogo Bonito dari Brazil.
Jogo Bonito adalah sebuah gaya permainan sepakbola indah dari Brazil disebut juga dengan gaya samba, banyak dipengaruhi oleh tarian tradisional Brazil "samba". Memadukan unsur skill, teknik tinggi dengan permainan menyerang dari berbagai lini dikombinasikan dengan aksi-aksi individu yang menawan. Permainan ini sangat identik dengan formasi 4-2-4 menempatkan 4 bek, 2 gelandang, 4 penyerang.
Picture

Sangat menghibur bagi pecinta sepakbola menyerang, tipe permainan seperti ini terkenal pada tahun 50 an akhir sampai dengan 70an ditandai dengan pencapaian emas Brazil menjuarai Piala Dunia sebanyak 3x. Pemain-pemain seperti Pele, Garrincha, Alberto Santana dll adalah tulang punggung brazil yang sangat populer ketika itu.
Permainan ini juga masih dipertahankan oleh timnas Brazil dengan berbagai penyesuaian sepakbola modern. Tercatat pada tahun 2002 Brazil juga menjuarai Piala Dunia dengan formasi yg berbeda 4-3-3, mengandalkan Trio-Rnya ( Ronaldo, Ronaldinho dan Rivaldo) tapi tetap menunjukkan unsur jogo bonito meski tidak seperti era 60an.

Pada masa sekarang Brazil kerap berganti pelatih dengan pola-pola yang berbeda. Sebagian dari pelatih tersebut bahkan sempat dikritik karena menghilangkan ciri khas tim samba menjadi tim yang pragmatis.



B). Total Football dari Belanda
"Total Football" (Belanda: totaalvoetbal) adalah taktik permainan yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi (permutasi posisi) secara konstan sambil menekan pemain lawan yang menguasai bola.

Dengan demikina taktik ini mengharuskan tim berisi para peamin yang mempunyai skill menyerang dan bertahan yang sama bagusnya serta memilki fisik prima untuk bisa tampil konstan selama 90 menit.


Sistem permainan total football identik dengan formasi 4-3-3 atau 3-4-3 dimana terdapat dua penyerang sayap yang beroperasi dari sisi lapangan dan bergerak menusuk ketengah. Bek sayap juga aktif ikut membantu penyerangan. Dengan formasi seperti ini pemain dituntut untuk bisa beroperasi dengan berbagai peran (bek, tengah bahkan penyerang).

Timnas Belanda dan Tim Barcelona lazim menggunakan sistem ini dengan berbagai modifikasi dan penyesuaian dengan materi pemainnya. Taktik ini pertama dipopulerkan oleh klub Ajax Amsterdam pada tahun 1969 sampai 1973. 

Tim Nasional Belanda kemudian mengadopsi gaya ini pada Piala Dunia 1974 dan terus menjadi ciri khas permainan tim Oranje dan Ajax Amsterdam sampai sekarang. Taktik ini diperkenalkan pertama kalinya oleh Rinus Michels yang juga menjadi pelatih Ajax Amsterdam dan Oranje. Gaya permainan ini kemudian dimodifikasi lagi oleh Johan Cruijff pada saat ia melatih FC Barcelona

Masa keemasan taktik ini mencapai puncaknya ketika Ajax Amsterdam mencetak rekor kandang selalu menang dalam 46 pertandingan (46-0-0) selama dua musim (1971/72 dan 1972/73) dan meraih 5 titel juara (Juara Liga, Piala KNVB, Piala Champion, Piala Super Eropa dan Piala Interkontinental).

C). Tiki-Taka dari Spanyol
Tiki-taka (secara umum dieja tiqui-taca dalam bahasa Spanyol; [ˈtiki ˈtaka] ) adalah gaya permainan sepak bola yang cirinya adalah umpan-umpan pendek dan pergerakan yang dinamis, memindahkan bola melalui beragam saluran, dan mempertahankan penguasaan bola.
Tiki-taka dikaitkan terutama dengan klub La Liga FC Barcelona (khususnya skuat Josep Guardiola pada tahun 2008-2012) serta tim nasional Spanyol di bawah manajer Luis Aragonés dan Vicente del Bosque. Menurut banyak pihak, tiki-taka merupakan pengembangan dari taktik totaalvoetbal yang pernah digunakan oleh tim-tim seperti FC Barcelona dan Ajax Amsterdam di masa lalu.
Tiki-taka secara beragam digambarkan sebagai "gaya bermain yang didasarkan pada mencari jalan membuat gol ke gawang lawan melalui umpan-umpan pendek dan pergerakan," sebuah "gaya umpan pendek yang memindahkan bole secara cermat melalui berbagai saluran,"dan sebuah "gaya bermain yang mementingkan umpan pendek, kesebaran, dan penguasaan di atas yang lainnya."

Gaya ini meliputi pergerakan jelajah dan pergantian posisi antara para gelandang, memindahkan bola dalam pola yang rumit, serta umpan sentuhan satu-dua yang tajam. Tiki-taka adalah gaya yang "ofensif sekaligus defensif - tim yang memainkan tiki-taka selalu menguasai bola, sehingga tidak perlu adanya pergantian antara bertahan dan menyerang.

Pemain-pemain seperti Xavi Hernandez (Barcelona/Spanyol), Andres Iniesta (Barcelona/Spanyol), Cesc Fabregas (Barcelona/Spain), Xabi Alonso (Real Madrid/Spain) dan juga Lionel Messi (Barcelona/Argentina) adalah pemainyang terkenal dan berprestasi dengan sistem ini.
Tiki-taka dimainkan oleh tim nasional Spanyol dan membuat mereka berhasil memenangkan Piala Eropa UEFA 2008, Piala Dunia FIFA 2010 dan Piala Eropa EUFA 2012. Tiki-taka juga membuat FC Barcelona berhasil meraih enam trofi pada musim 2008-2009, termasuk Trebel Benua, diikuti oleh Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

D). Kick and Rush dari Inggris
Dalam bahasa inggris kick: tendang dan rush: lari, diartikan sebagai tendang dan lari. Sebuah gaya permainan sederhana dari daratan Inggris memadukan unsur kekuatan dan kecepatan. Dimana seorang pemain bertahan (bek) atau gelandang mengumpan bola daerah menusuk kejantung pertahanan lawan dan penyerang (striker) mengejar bola tersebut sekuat tenaga dan menendang langsung kegawang. Kadang sistem permaian seperti ini disebut juga sebagai "direct football" atau pola penyerangan langsung.

Dengan sistem seperti ini dibutuhkan kecepatan dan stamina yang tinggi supaya dapat memenangkan pertandingan. Tim dari Inggris Raya seperti Inggris, Irlandia, Scotlandia, Wales, Irlandia Utara umumnya menganut sistem kick n rush dimasa lalu. Pada tahun 1966 tim nasional Inggris menjuarai Piala Dunia yang diselenggarakan di inggris. Pemain-pemain seperti Bobby Charlton, Peter Shilton, Geof Hurst dll adlah pemain yg berjasa membawa inggris juara dunia satu-satunya sampai sekarang.

Pada masa sekarang gaya ini berangsur-angsur dikurangi atau bahkan dihilangkan di timnas inggris, hal ini erat kaitannya denngan pelatih timnas inggris yang sempat dipegang oleh Sven Goran Eriksson (Swedia) dan Fabio Capello (Italia) yang identik dengan permainan satu dua sentuhan dan penguasaan bola. Bahkan di Liga Inggris sekalipun sudah jarang tim yang memainkan pola seperti ini, tim-tim besar Liga Inggris seperti Manchester United, Chelsea, Arsenal, Liverpool dan Manchester City dilatih oleh pelatih asing dan didominasi oleh pemain asing dari eropa daratan dan amerika latin. Sehingga gaya yang dimainkan pun cenderung gaya eropa daratan dan amerika latin.

E). Catenaccio dari Italia 
Disebut juga sistem pertahanan "gerendel" adalah sistem permainan yang mengandalkan pressure (tekanan) ketat didaerah pertahanan sendiri dan menunggu saat yang tepat untuk melancarkan serangan balik (counter attack) kedaerah lawan. Secara psikologis lawan akan kewalahan dan kelelahan ketika menyerang secara konstan, apalagi tidak dapat mencapai daerah kotak penalti. Begitu bola dapat diraih maka serangan balik dilancarkan secara individu ataupun kombinasi beberapa pemain depan dan tengah.


Nereo Rocco dianggap sebagai pioner sistem permainan catenaccio yang digunakan di klub Padova dan Triestina. Kemudian dipopulerkan oleh  Helenio Herrera di Inter Milan, tercatat Inter menjuarai Liga Italia dan 2 kali juara Piala Champion Eropa dan Intercontinental Cup.

Dengan sistem ini kemenangan yang diraih umumnya dengan skor ketat 1-0, 2-1 atau 2-1. Pada World Cup 1982 timnas Italia mengadopsi sistem ini untuk mengalahkan Argentina di penyisihan, Brazil di babak semifinal sampai menjadi juara.

Difensore (Bek) seperti Gaetano Scirea , Fulvio Collovati, Claudio Gentile, Antonio Cabrini, mampu menghentikan sepak terjang Maradona (Argentina), Platini (Perancis) dan juga Zico (Brazil). Setahun berikutnya (1983) Juventus berhasil menjuarai Piala Champion Eropa dengan pertahanan ketat dan penguasaan bola prima.

Pada era akhir 80an dan awal 90an sistem permainan ini juga diadopsi oleh Arrigo Sacchi pelatih AC Milan. Sacchi memadukan pertahanan ketat dan pressure ketat sepanjang pertandingan dengan permainan menyerang dan penguasaan bola prima. Kuartet bek Franco Baresi, Paolo Maldini, Alessandro Costacurta and Mauro Tassotti membuat AC Milan menjadi "The Dream Team" di Eropa dan Dunia dengan menjuarai Piala Champion dan Piala Dunia Antar klub. Fabio Cannavaro dan Alessandro Nesta juga berhasil membawa Italia menjadi juara dunia 2006 di Jerman dengan mengandalkan pertahanan dan serangan balik. Italia hanya kebobolan dua kali melalui bunuh diri (own goal) dan pinalty. 

Fakta menarik dalam sistem permainan Catenaccio adalah peran kiper, gelandang dan penyerang  yang tak bisa diabaikan. Kiper yang berada di bawah mistar harus merupakan kiper yang baik dan kuat secara mental dan fisik karena mendapat serangan secara bertubi-tubi seperti Dino Zoff dan Gianluigi Buffon. Pemain gelandang juga harus mampu berjuang merebut bola dan segera mengalirkan kedepan seperti Gabriele Oriali, Marco Tardelli, Giancarlo Antognoni pada Tahun 1982 atau Gennaro Gattuso, Andrea Pirlo dan Francesco Totti pada tahun 2006.

Penyerang yang dimainkan biasanya juga mampu bermain sendiri didepan dan memanfaatkan setiap peluang yang ada menjadi goal, pemain seperti Paolo Rossi di piala dunia 1982, atau Vicenco Iaquinta, Alberto Gilardino serta Filippo Inzhagi pd tahun 2006 berhasil menjalankan peran tersebut.

F). Speed and Power
Sistem permainan sepakbola yang mengandalkan kecepatan dan tenaga. Faktor fisik menjadi sangat dominan dalam sistem ini. Pemain harus mempunyai ketahanan fisik yang baik, termasuk didalamnya power, postur, dan kecepatan. Tim-tim dari Afrika, Eropa Timur, Amerika utara dan Karibia, bahkan sebagian Eropa tengah dan negara Scandinavia sering memperagakan sistem permainan ini. Dalam permainan ini teknik dan taktik menjadi unsur pendukung saja.

Banyak versi dari sistem ini, seperti yang dipakai oleh timnas Jerman, dikombinasikan dengan teknik dan disiplin yang tinggi. Timnas Jerman didukung oleh postur fisik yang baik sehingga memiliki power yang kuat sehingga sering dijuluki sebagai tim panser. Negara-negara  Scandinavia (Swedia, Denmark, Norwegia) umumnya juga mempunyai kemiripan dengan Jerman.

Pemain-pemain dari negara Afrika umumnya juga memiliki stamina, postur dan kecepatan yang baik, sehingga negara seperti Kamerun, Nigeria, Pantai Gading, Ghana lazim memperagakan permainan ini. Begitu juga dengan negara-negara dari Eropa timur seperti Serbia, Kroasia, Rusia, Ceko yang umumnya dibekali dengan kecepatan dan stamina yang cukup baik.

Jerman meski tidak dominan mengandalkan sistem ini adalah negara paling berprestasi dengan menjuarai Piala Dunia sebanyak 3 kali dan juara eropa 3 kali. Uni Soviet (Rusia) berhasil menjuarai eropa, Nigeria dan Kamerun juga berhasil menjadi juara Olympiade. Bahkan dalam berbagai kejuaraan kelompok umur (junior) tim-tim yang mengandalkan sistem ini  tampil cukup dominan.

Selain 6 gaya permainan diatas masih banyak terdapat gaya permainan sepakbola yang dimainkan di seluruh dunia. Meskipun umumnya  adalah gabungan dari beberapa gaya permainan diatas. Bagaimana dengan indonesia..???

Baca juga :
- Opini: Faktor Pelatih Penyebab MU Terpuruk
- Strong Tiki-taka ala Munchen
- Analisis: AC Milan Terpuruk Apa yang Salah..?
- Sejarah Sepakbola
- 10 Tips Latihan Jose Mourinho
- Tips Latihan Pep Guardiola
- Kritikan Mourinho Terhadap Sepakbola Indonesia
Comments
38 Comments

38 komentar:

  1. ada satu lagi,..
    rap-rap, ribak sude..
    gaya PSMS

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pepepa U-19 Indonesia
      pendek-penek-panjang

      Hapus
  2. BONUS FREECHIP!

    CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
    Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

    Baca juga :
    http://www.cepok.org/cara-mendapatkan-uang-sampingan-di-situs-judi-online/

    http://www.cepok.org/tips-dan-trik-pasti-menang-fair-play-dalam-bermain-poker/

    http://www.cepok.org/cepok-panduan-cara-bermain-domino-qiu-qiu-online/

    Ayo sekarang di Cepok.org

    BalasHapus
  3. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU merupakan web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah dan memberikan hadiah jackpot setiap harinya & bisa bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/24/cara-bermain-domino-qiu-qiu-online-indokartu/
    http://www.indokartu.info/2018/07/25/cara-bermain-capsa-susun-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/08/01/tips-dan-trik-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/


    Ayo gabung sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  4. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.biz.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man terhadap beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  5. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI OVO

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, tingkatan badal Poker Online mengawamkan pulsa yaitu selaras tengkulak judi yang menjagokan atraksi poker online pada saat ini sudah sekali ringan degnan munculnya tontonan ini poker online endapan melalui pulsa akomodasi dalam sok disebuah pergelaran poker online yang becus kita jumpai kala ini sebenarnya buah berpangkal makin tumbuhnya masa dan teknologi waktu ini didalam pergelaran tandon online. Dengan hanya merancangmengabdikan pulsa rupa aset deposit pertunjukan di Bolazeus online, pemain sudah berhasil aplusan yang raya bertingkah dan memimpin permainan.

    Beraga menyisihkanmelantaskan pulsa didalam pertunjukan judi online mestinya sebenarnya bakal makin memudahkan anakbuah waktu kamu berbuat pertunjukan cagaran online. Menurut munculnya sedimen via pulsa alkisah personel tentu bisa dengan mudah berkualitas berlagu lalu menjadi jagoan didalam selaur atraksi poker. Atraksi judi online sedimen lewat pulsa mestinya akan berhasil beberapa arti sok yang sanggup berbentuk pulsa jua atau berbentuk uang legal didalam sepadan permainan poker online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/bermain-taruhan-poker-deposit-pulsa-terlengkap/
    http://134.209.98.69/agen-poker-deposit-pulsa-terpercaya-di-indonesia/
    http://134.209.98.69/main-judi-online-deposit-pulsa/


    Ayo daftar sekarang di ZeusBola

    BalasHapus
  6. Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
    Yuk Mainkan Live Casino bersama Winning303..
    Hadirkan Dealer Profesional dan Cantik Yang Siap Menemani Permainan Anda 24Jam Nonstop!!

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  7. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  8. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Yakin Cuma Baca Doank??

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  9. Deposit Poker Via LinkAja adalah sebuah kabar baik bagi pengguna aplikasi LinkAja yang saat ini dapat memainkan permainan judi online via Linkaja. Pasalnya saat ini sudah banyak pertanyaan yang timbul oleh para penjudi yang menggunakan LinkAja untuk bertaruh.

    POKER ONLINE
    BANDAR POKER
    AGEN POKER
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  10. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  11. DEPOSIT BISA VIA PULSA XL!

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan bagi permulaan akun permainan judi atau taruhan online pada anda di perizinan judi online yang bertingkat International, legal dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man terhadap beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    bonus deposit s128 sabung ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    alternatif zeusbola
    https://zeus168.org

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  12. Permainan judi kartu seperti, ceme, bandar qq, poker, serta sejenisnya saat ini menjadi permainan yang paling hits di dunia perjudian. Bagaimana begitu hits? Karena saat ini permainan yang menghasilkan keuntungan hanya dengan modal kecil.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Judi Poker Online
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  13. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
    Proses Cepat dan Aman...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  14. Pokervita.co Situs Judi QQ Deposit Pulsa Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia, Minimal Deposit 15rb Dengan Potongan 15% Telkomsel dan 10% Axis/XL. Server PKV Games Terbaik Untuk Permainan Judi QQ.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Keunggulan Situs PKV Terbaru 2020 Bersama Pokervita
    Situs BandarQ Online
    Cara Bermain Curang dan Konsekuensi Yang Akan Diterima

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  15. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Dapatkan Bonus menarik dalam pertandingan Sabung ayam hanya di Winning303

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  16. Donaco Poker

    Permainan poker terpecaya Saat ini :
    POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
    1. POKER ONLINE

    2. BANDAR CEME

    3. CEME KELILING

    4. DOMINO QIU-KICK

    5. SUPER TEN

    6. CAPSA SUSUN

    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    WHATSAPP : +6281333555662
    Terima Kasih Bossku

    BalasHapus
  17. Masih Sulit cari Situs Depo-WD yang lancar?? Yuk Gabung Situs Tidak banyak aturan pada saat penarikan hanya di Museumayam Situs Judi Online Terpercaya.
    Menyediakan Judi Sabung Ayam Secara Live Streaming Dengan Kualitas HD Sehingga Tidak Ada Kecurangan!!
    SABUNG AYAM [ S128 - Club388 ]
    Hanya Dengan Minimal Deposit Mulai Dari Rp.20.000 Dan Minimal Withdraw hanya Rp.25.000.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Agen Togel Sidney
    Museumbola Livecasino
    Sabung Ayam sv388
    Museum Poker
    Fungsi Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal Untuk Ayam Aduan

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    BalasHapus
  18. ===== COMMENT =====

    MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

    BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
    WA : +62822-6793-2581[/b]

    SABUNG AYAM SV388
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    Berita Poker Online Terpercaya

    BalasHapus
  19. Keuntungan Bermain di Museumbola Agen Slot Provider Terlengkap
    * Kaya Raya Dari Judi Online
    * Keamanan serta Kenyamanan Terjamin
    * Berlimpah Bonus dan Promo Menarik
    * Jika Anda mendaftar sebagai member Museumbola, maka Anda akan mendapat banyak bonus dan promo yang menarik. Untuk member baru, Anda bisa mendapat bonus cashback untuk setiap transaksi deposit.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda sekarang juga!!
    MUSEUMBOLA / MUSEUMTOTO ADALAH SEBUAH WADAH YANG MENYEDIAKAN PERMAINAN JUDI PALING LENGKAP
    PERMAINAN AYAM CASINO SLOT POKER TOGEL BOLA SEMUA ADA
    LANSUNG SAJA AKSES KE SITUS OFFICIAL KAMI MUSEUMBOLA
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Aztec Gem
    Slot Caisen Cash

    Situs Judi Slot Pulsa
    Judi Slot
    Slot Online Deposit Pulsa
    agen togel pulsa
    Bandar togel pulsa

    Link Akses
    AKSES SEGERA SITUS KAMI 1 ID BANYAK PERMAINAN

    BalasHapus
  20. Dapatkan Diskon untuk permainan TOGEL yang kamu mainkan.
    Mau????

    Mari Join bersama kami di WINNING303
    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Jenis Games Sekaligus :
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online
    6. Sabung Ayam
    7. RNG
    8. Tembak Ikan

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  21. Bagi pengguna rekening Jenius BTPN kini dapat dengan mudah melakukan transaksi via sesama BTPN! Yuk transaksi bersama Museumayam bertaruh Sabung ayam SV388, Menang berapapun dibayar!

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Kontak Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Museumtoto IDNLive
    Museumbola Slot Pulsa
    Museum Ayam
    cara daftar togel singapore
    Museum Poker
    Poker Online Pulsa
    togel deposit pulsa

    BalasHapus
  22. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik

    BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN TERBAIK

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online. Game togel online ini selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta permainan judi togel di Indonesia.

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :
    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA
    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )
    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  23. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik

    BANDAR TOGEL ONLINE TERBAIK MINIMAL DEPOSIT Rp.25000

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online. Game togel online ini selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta permainan judi togel di Indonesia.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  24. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 BANDAR TOGEL ONLINE TERBAIK 2021

    PROMO BONUS MEMBER BARU 50%
    YUK GABUNG SEKARANG BERSAMA MBO128 TOGEL
    DAPATKAN JUGA ANGPAO 50RB

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  25. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen IDN Poker Deposit Pulsa Termurah dan Terpercaya

    Judi IDN Poker Terbaik dalam Permainan Poker Online

    BalasHapus
  26. BANDAR SLOT & CASINO ONLINE 2021 TERPERCAYA PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  27. Suka bermain Poker???

    Mari join bersama kami di Museum Poker dapatkan ragam permainan dalam 1 user ID

    Tidak ketinggalan banyak bonus Menarik setiap harinya

    Info hub
    WA : 0822 6793 2581

    BalasHapus
  28. PROMO SPECIAL KEMENANGAN 8x BERTURUT ,
    LIVE STREAMING SABUNG AYAM SV388 DAN S1288 TERBESAR !!

    AGENS128 - DEPO PULSA TANPA POTONGAN - DEPO EMONEY OVO/GOPAY/DANA/LINKAJA 

    DAFTAR DI https://bit.ly/3tDvH40  (www,mbo128,site)
    atau HUBUNGI KAMI LANGSUNG DI 
    WHATSAPP : 085222555128
    https://wa.me/6285222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  29. Mari Join bersama kami di Pokervita agent poker ternama hanya dengan 1 ID bisa bermain semua permainan

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  30. Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Kamis Tanggal 14 Juni 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :
    Jadwal Adu Ayam

    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » www.agensabungayam.life/jadwal-resmi-laga-ayam-14-juni-2021

    BalasHapus
  31. Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 28 Agustus 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :

    Jadwal Ayam Terupdate

    BalasHapus

  32. Telusuri piramida di Egyptian Fortunes dan nikmati pencarian Anda sampai menemukan 3 Simbol Bonus Piramida yang akan menunjukkan jalan menuju kekayaan Firaun. Namun berhati-hatilah, piramida terkenal dengan perangkap mereka. Tarik napas dalam-dalam, keluarkan keberanian Anda dan selalu waspada karena Anda akan memasuki Makam Mesir Firaun.<a href="https://judislot.gratis/2021/09/26/review-egyptian-fortunes-dari-pragmatic-play-2/”>Review Egyptian Fortunes Dari Pragmatic Play</a>

    BalasHapus
  33. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
    MELAYANI 24JAM LOH..
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus
  34. DAPATKAN JUTAAN RUPIAH DI BOLAVITA SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !!

    YOK BURUAN DAFTAR DI BOLAVITA DENGAN WINRATE 99%

    DENGAN BERBAGAI MACAM PROMO BONUS DISINI !!
    BONUS ROLLINGAN
    BONUS REFERRAL
    BONUS NEW MEMBER
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    BalasHapus

Give your comment here....