Minggu, 26 Mei 2013

Manfaat Berolahraga Bagi Wanita


Manfaat Olahraga Bagi Wanita,

Biasanya olahraga identik dengan maskulinitas kaum pria, olahraga dianggap hanya untuk para cowok. Pandangan seperti itu amat lumrah dijumpai terutama dinegara yg menganut sistem patriliner (garis keturunan laki-laki) seperti indonesia. Olahraga memang berhubungan dengan aktivitas fisik dan aktivitas di alam terbuka yg cenderung dihindari kaum wanita.

Banyak hal yg mungkin menjadi alasan kebanyakan wanita tak suka berolahraga, mulai dari perasaan lemah, takut terkena panas matahari, tidak ingin merusak dandanan bahkan ada yang takut kalo otot-otot nya akan berbentuk seperti otot laki-laki.


Tapi masa sekarang ini kecendrungan itu mulai berubah, banyak wanita yang sudah sadar akan manfaat berolahraga bagi kesehatan dan kebugaraan tubuh. Dari wanita yg sekedar hoby dan jadi fans olahraga tertentu sampai ada wanita yg berprofesi sbagai atlit. Fenomena sekarang olahraga juga sudah dianggap sebagai gaya hidup (lifestyle) kaum wanita.

Coba kita perhatikan di klub-klub senam, fitness dan aerobik, atau di klub-klu yoga dll. Pada arena olahraga kompetitif, wanita juga sudah disejajarkan dengan pria. Pertandingan di Olympiade, kejuaraan dunia atau tingkat regional seperti Asian Games, Sea Games, Commontwealth games juga diperuntukkan untuk atlit wanita.


Beberapa atlit yang sudah mendunia seperti Anna Kournikova,  MariaSharapova (tenis), Mia Hamm (sepakbola) atau Yayuk Basuki (tenis) dan Susi Susanti (badminton) dari Indonesia adalah wanita yg memadukan unsur feminimisme dan olahraga. Kita juga bisa melihat banyak artis atau tokoh dunia seperti first lady Amerika Serikat MichelleObama yg rutin berolahraga.


Berbagai manfaat khusus olahraga untuk wanita, selain manfaat umum seperti menjaga kebugaraan dan kesehatan. Diantaranya adalah :
  1. Mengencangkan otot-otot tubuh bagian tertentu seperti paha, pinggul dan dada.
    Olahraga teratur akan menjaga dan meningkatkan massa otot hingga kekencangan otot tetap terjaga.
  2.  Memelihara kekencangan kulit.
    aktivitas olahraga akan membuat nutrisi dan oksigen lancar pd kulit hingga akan memicu produksi kolagen. Kolagen adalah protein kulit yg membuat kulit kencang dan kenyal.
  3. Mengurangi Kerutan dan selulit.
    Olahraga juga membantu menjaga level stres yang berhubungan dengan hormon kortisol. Ketika kadar kortisol meningkat, maka produksi minyak alami kulit meningkat, yang berpengaruh pada pengurangan kerutan. Hal itu karena produksi kolagen meningkat, sehingga kulit menjadi lebih elastis dan lentur.
  4. Menyembuhkan Jerawat dan Membuat kulit "bersinar".
    Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, oksigen dan mengeluarkan keringat. Dengan begitu, racun keluar dari tubuh. Sehingga keringat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, yang menyebabkan jerawat. Selain itu juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

    Hal ini karena olahraga membantu mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang memicu timbulnya jerawat. Penyebab lain jerawat adalah karena stres. Saat stres akan diproduksi hormon yang juga memicu jerawat. Tetapi, hasil penelitian membuktikan bahwa kebanyakan stres akan berkurang bila Anda berolahraga teratur sehingga jerawat tidak akan muncul.
  5.  Dapat membantu proses persalinan.
    Fungsinya adalah untuk melatih oto-otot panggul spya kuat dan flexibel (lentur) juga untuk melatih pernafasan yang akan sangat dibutuhkan dalam proses persalinan.
Masih banyak manfaat olahraga bagi para waita yg tak bisa dijelaskan satu persatu disini. Untuk semua wanita yg ingin berolahraga, konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai kondisi fisik dan kesehatan agar dapat memilih olahraga yang sesuai dan aman.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. DAPATKAN JUTAAN RUPIAH DI BOLAVITA SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !!

    YOK BURUAN DAFTAR DI BOLAVITA DENGAN WINRATE 99%

    DENGAN BERBAGAI MACAM PROMO BONUS DISINI !!
    BONUS ROLLINGAN
    BONUS REFERRAL
    BONUS NEW MEMBER
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    BalasHapus

Give your comment here....