Sabtu, 08 Februari 2014

Cara Mengukur Lemak Tubuh Dengan Mudah

Lemak tubuh adalah jumlah konsentrasi lemak yang ada dalam tubuh seseorang dinyatakan dalam persen. Persentase diambil dari perbandingan jumlah lemak dengan total berat badan. Lemak dalam tubuh dapat berupa asam lemak, malam, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (contohnya A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, terpenoid (termasuk di dalamnya getah dan steroid) dan lain-lain.
livelifeactive.com

Fungsi lemak diantaranya adalah sebagai cadangan energi tubuh, pelarut vitamin A, D, E, K, sebagai komponen membran sel, juga melindungi organ vital dari guncangan dan suhu ekstrim dari luar tubuh. 

Dalam jumlah yang cukup lemak memberikan manfaat yang besar bagi tubuh, akan tetapi jika berlebih juga memberikan dampak buruk, diantaranya penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung koroner, kelebihan berat badan (obesitas), rentan terhadap diabetes dan juga sesak nafas.

Untuk mengukur kadar lemak di tubuh kita dapat menggunakan beberapa metode, baik yang sederhana dan mudah sampai dengan metode yang rumit. Diantaranya menggunakan Body fat caliper (jepitan lemak), Biometrical impedance analysis (BIA), Hydrostatic weighting, sampai paling akurat DXA scan

Untuk yang paling sederhana dapat dilakukan dengan membandingkan ukuran-ukuran bagian tubuh yang biasanya sebagai tempat penimbunan lemak oleh tubuh seperti pinggul, pinggang, paha, leher dan dada dengan total keseluruhan berat dan tinggi badan.
Metode ini disebut juga sebagai metode estimasi (perkiraan), seperti kalkulator lemak tubuh dibawah ini:
Kalkulator Lemak Tubuh (Body Fat %)
Cara Menggunakan Kalkulator
Pilih jenis kelamin anda; Female (wanita) atau male (pria).
Satuan peenghitungan dalam inchi. 
Masukkan berat badan anda pada kolom Weight
Masukkan ukuran pergelangan tangan pada kolom Wrist. Selanjutnya isi ukuran pinggang anda pada kolom Waist
Kemudian masukkan ukurn pinggul (Hips). 
Untuk mengetahui hasilnya klik "calculate".
keterangan: 1 inchi = 2.54 cm

Kemudian hasilnya dicocokkan dengan tabel dibawah.


Berikut ini adalah tabel klasifikasi persentase lemak tubuh (body fat):
Age-Body-Fat-Chart
Pic by ask Jansen


Artikel Terkait:
- Olahraga Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol - Latihan Kardio dan Manfaatnya - Mengatasi Lemak Perut (Belly Fat) - Prinsip Dasar Latihan Kebugaran Jasmani  - Pentingnya Menghitung Denyut Jantung Sebelum Berolahraga - Denyut Jantung Maksimal - Denyut Jantung Latihan - Gizi dan Zat Gizi  - Pengaturan Makanan Sebelum Pertandingan/ Olahraga - Hormon Endorfin "feel good" saat Berolahraga
Comments
3 Comments

3 komentar:

Give your comment here....