Jumat, 23 Agustus 2013

Pola Hidup Sehat

Pentingnya Pola Hidup Sehat,

Pada masa sekarang ini manusia dituntut untuk memiliki kompetensi yang tinggi, manusia dituntut untuk selalu mempelajari dan menguasai "hal baru". Manusia pada jaman sekarang hampir tidak memiliki waktu untuk "memperdulikan" dirinya sendiri. Penguasaan materi dan teknologi menjadi lebih penting dari pada "penguasaan diri sendiri". Ada stigma ataupun anggapan bahwa semua bisa dibeli dengan uang pada jaman sekarang.

Tapi coba pikir kembali ada hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan materi, salah satunya adalah kesehatan. Coba bayangkan jika anda punya semuanya tapi tidak bisa menikmatinya atau harus menghabiskan semua itu untuk "membeli" kesehatan. 

Seharusnya kesehatan itu tidak mahal cukup hanya berkorban waktu dan tenaga. Penyakit-penyakit seperti obesitas, hipertensi, diabetes tp 2, jantung koroner dan berbagai jenis kanker adalah penyakit yang berhubungan dengan pola hidup tidak sehat.


Pola hidup sehat merupakan kunci kesehatan dan kebugaran jasmani. Menerapkan pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaraan jasmani. Pola hidup sehat dapat kita terapkan dengan cara yang mudah dan tidak harus mahal. Beberapa hal yang harus di perhatikan adalah makanan, olahraga, istirahat yg cukup, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan juga "menciptakan" mentalitas yang baik.


a). Konsumsi Makanan (Gizi yang Seimbang)
  • Sesuaikan kebutuhan energi tubuh dengan pemasukan makanan, hal ini untuk mencegah terjadinya penimbunan lemak berlebih. Komposisi Karbohidrat, Protein, Lemak, mineral dan vitamin disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti lemak hewan, santan, jeroan, mentega, otak, kuning telur dan margarin.
  • Sebagai sumber protein , anda bisa memilih susu rendah lemak, yogurt, susu kedelai, ikan dan putih telur, bisa juga sumber protein nabati (tumbuhan) seperti kacang-kacangan, tempe dan tahu.
  • Hindari makanan yang mengandung pengawet dalam jangka panjang dapat memicu kanker, sperti junk food (makanan siap saji).
  • Hindari minuman beralkohol, merokok dan narkoba karna dapat memicu penyakit jantung, hipertensi penyakit pernafasan, ketergantungan dll.
  • Minum air putih, disesuaikan dengan kegiatan/aktivitas (kebutuhan air minimal 30 ml/ kg berat badan)
  • Jika anda menyukai makanan yang berwarna-warni, gunakan dari bahan makanan; warna merah dari strawberry, warna hijau dari daun pandan, warna kuning dari kunyit, warna coklat dari bubuk coklat. Jangan berlebihan menambahkan kecap, saus, garam dan penyedap rasa.
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran harus selalu ada disetiap menu makanan anda, yaitu sebagai sumber vitamin, serat dan mineral bagi tubuh.
b). Aktivitas Olahraga
Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seseorang akan lebih giat, rajin dan disiplin, menurunkan tekanan dara tinggi, menguatkan otot-otot dan tulang-tulang, meningkatkan HDL(kolesterol yang baik), dapat mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker. 
Olahraga juga membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin atau happy hormon dapat mengurangi stress, depresi, dan meningkatkan kebugaran jasmani.
Berolahraga minimal 3x seminggu, durasi minimal 45 menit akan memberikan dampak signifikan bagi kebugaran tubuh (penelitian terbaru minimal 150 menit/minggu). Berolahraga pada saat pagi hari juga membuat tubuh lebih segar karena menghirup udara yg masih sejuk dan bersih.

c). Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup akan memberikan bagi tubuh kita yang letih untuk memulihkan diri dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.
Pada saat istirahat tubuh juga tumbuh dan mengganti sel-sel yang rusak akibat aktivas fisik ataupun proses penuaan.
Beristirahat pd malam hari sebaiknya sekitar 6-8 jam, baik juga dengan dikombinasikan dengan tidur siang terutama untuk anak dan remaja masa pertumbuhan.

d). Menciptakan Lingkungan yang Bersih, Sehat dan Kondusif.
Jika ingin menikmati kesehatan yang optimal maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan itu adalah termasuk iklim, air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan atmosfir.
Memelihara lingkungan dengan baik berarti tidak mengotori lingkungan dengan segala macam kotoran seperti membuang sampah sembarangan, asap rokok, sisa bahan bakar industri, asap dari mobil ataupun pembakaran sampah dll.
Untuk menciptakan suasana yang sejuk dan asri sebaiknya menanam tanaman di pot disekeling rumah, dan menyisakan lahan untuk ditanami pohon walaupun lahan itu hanya cukup untuk satu pohon.

e). Mentalitas yang "Baik"
Pribadi yang optimis, kuat, disiplin mandiri dan bertanggung jawab adalah manusia yang dapat berhasil dalam semua kegiatannya. Untuk menjalankan pola hidup sehat juga dibutuhkan kemauan, disiplin, kerja keras dan rasa tanggung jawab dan pengendalian diri.
Hal ini juga akan makin sempurna jika seseorang itu religius (percaya pd Tuhan) karna ajaran agama selalu menyuruh kita untuk menjaga pribadi, alam dan hubungan yang harmonis antar sesama manusia.

Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat dan berguna, mohon maaf, kritik dan saran bila ada yang salah.





Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give your comment here....